Dewasa ini,banyak konsumen yang tidak percaya lagi pada
janji-janji dalam iklan,karena adanya faktor over-communication dan konsumen sudah semakin meningkat
pengetahuannya akan suatu brand. Maka dari itu para pemasar menerapkan Brand Activation untuk membangun merek dan meningkatkan
penjualan. Brand activation adalah suatu
kegiatan yang dilakukan produsen untuk memperkenalkan brand mereka dan
mendekatkan konsumen kepada produk tersebut. Brand Activation ini dapat disebut sebagai proses marketing untuk membangun a brand to life melalui suatu brand experience.
Beberapa kategori Brand Activation
· Roadshow
Event
Merupakan event yang diadakan secara
roadshow atau dari kota ke kota.
· One
Day Occasion Event
· Public
Relation Event
Merupakan event yang
diadakan oleh Public Relations perusahaan untuk memperkenalkan
suatu produk baru.
· Festival
or Exhibition
Dalam tulisan kali ini saya akan membuat suatu ide brand
activation untuk produk susu “bear brand” dengan menggunakan kategori Festival
and Exhibition.
Ide saya adalah untuk mengadakan pameran (exhibition) di
plaza-plaza besar dan terkenal disetiap kota. Tujuan dari pameran ini yaitu
memperkenalkan produk baru dari bear brand yaitu bear brand gold the putih dan
malt putih.
Serta memperkenalkan macam-macam dari produk bear brand lainnya yang tersedia dalam beragam kemasan dan dapat dikonsumsi oleh semua umur.
Dan tujuan penting dalam pameran ini adalah
untuk pengenalan dan pemahaman akan manfaat susu bear brand. Pihak pemasar akan
mengkaji secara menarik informasi akan kandungan didalam susu bear brand serta
kemampuan bear brand membantu mencegah bibit penyakit menyerang tubuh
konsumennya.
Pada pameran itu juga akan diumumkan bahwa
12 hari dari hari pameran akan diadakan lomba menulis curahan hati konsumen
setelah mengkonsumsi bear brand setiap hari, dan peserta yang mendaftar lomba
akan mendapatkan 1 lusin susu bear brand original dengan setengah harga.
Peserta menuliskan tentang manfaat bear brand jika dikonsumsi setiap hari untuk melawan cuaca buruk, kepadatan aktivitas satu harian, dan kebugaran tubuh.
Hadiah untuk pemenang yaitu uang tunai 5 juta rupiah beserta produk bear brand, dan bagi peserta yang berpartisipasi akan mendapatkan produk dari bear brand.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar